Hadiri Upacara Adat Pitra Yadnya Di Meko, Bupati Verna Berikan Santunan Duka Dan Akta Kematian

POSO, DETAIL73.COM – Bupati Poso
dr. Verna G.M Inkiriwang hadir dalam Upacara Adat Pitra Yadnya (Ngaben) yang dilaksanakan di rumah duka yang berada di Desa Meko, Kecamatan Pamona Barat, belum lama ini, tepatnya pada, Senin (01/11/2021).

Dalam sambutannya Bupati Verna menyatakan turut berdukacita atas meninggalnya kedua Almarhum.

“Upacara Pitra Yadnya (Ngaben) merupakan Yadnya yang dilandasi oleh semangat gotong royong, kekompakan dan ketulusan hati. Saya bersyukur dan bangga melihat masyarakat terutama umat Hindu bersatu dan kompak. Saya berharap kerjasama dan kekompakan tersebut dapat di wujudkan bersama dalam mendukung program pemerintah, dengan bekerja bersama, kita akan sejahtera bersama,” imbuhnya.

“Sebagai bentuk perhatian Pemerintah Daerah terhadap masyarakatnya melalui program unggulan pembangunan daerah yang tertuang dalam Visi Misi, pemerintah hadir memberikan penguatan melalui program Poso Tangguh dan Poso Harmoni dengan memberikan santunan duka atas pelaksanaan pemakaman dan pemulasaran jenazah kepada masyarakat sesuai persayaratan yang telah ditentukan. Kami menyadari, bahwa di setiap peristiwa duka ada titik kesedihan masyarakat yang membutuhkan uluran tangan dari Pemerintah Daerah. Meskipun tidak seberapa nilai bantuan tersebut namun setidaknya ada perhatian dan dukungan dari pihak Pemerintah yang selalu bersama masyarakatnya baik dikala senang maupun di saat berduka. Saya juga meminta kepada pemerintah desa dan pemerintah kecamatan untuk proaktif dalam membantu masyarakat untuk mengurus berkas santunan duka,” ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut Bupati juga menjelaskan sesuai program Pemerintah Daerah akan mulai menyerahkan insentif bagi para Imam, Pendeta, Pemangku Adat, Tokoh Agama.

Usai sambutan Bupati Verna didampingi Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Pemda Poso juga memberikan santunan duka dan akta kematian kepada keluarga yang telah ditinggalkan.

Hadir dalam Upacara Adat ini Ketua PHDI Kecamatan Pamona Barat, Camat Pamona Barat, Ketua PHDI Meko, Ketua Adat Bali Desa Meko, Kades Meko, dan Pimpinan OPD Terkait.

(*) PPID Poso

Selengkapnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

You cannot copy content of this page