Bupati Verna Hadiri Pembukaan Sidang Sinode ke 47 GKST

MORUT, DETAIL73.COM-Bupati Poso dr Verna GM Inkiriwang didampingi sejumlah pimpinan OPD menghadiri pembukaan Sidang Sinode GKST ke-47 Tahun 2021 yang berlangsung di gedung Pesparawi Desa Beteleme Kabupaten Morowali Utara (Morut). Kamis (11/11/21).

Sidang Sinode ke-47 Gereja Kristen Sulawesi Tengah (GKST) dibuka Gubernur Sulteng yang diwakili Asisten III Mulyono, SE. Ak. MM. Acara pembukaan ditandai dengan penabuhan gendang secara bersamaan oleh para Bupati yang hadir dan Ketua Majelis Sinode GKST.

Tema Sidang Sinode ke-47 GKST diambil dari ayat Alkitab Wahyu 22:12-13: Aku adalah yang awal dan yang akhir, sedangkan sub tema adalah “Hanya dengan berharap pada Allah yang membebaskan serta memulihkan, GKST senantiasa memperjuangkan keadilan, keamanan, kesehatan dan kesejahteraan.

Dalam Sidang Sinode ke-47, kali ini memiliki empat agenda pokok yakni Evaluasi Laporan Pertanggungjawaban Majelis Sinode periode 2016-2021, Amandemen Tata Gereja, Penyusunan Program 2021-2026 dan Pemilihan Majelis Sinode Masa Bhakti 2021-2026

Bupati Morut Dr. dr. Delis Julkarson Hehi, MARS berharap lewat Sidang Sinode ke-47 ini, GKST akan terus menunjukan eksistensinya dalam pembangunan manusia Indonesia berkontribusi nyata bagi Sulteng dan Indonesia. Hadir dengan yayasan GKST yang memberi pendidikan, juga rumah sakit untuk melayani kesehatan, serta perguruan tinggi.

“GKST melalui yayasannya, memiliki sekolah-sekolah, mulai dari tingkat TK, SD, SMP dan SMA, serta kampus perguruan tinggi. Juga memiliki rumah sakit untuk melayani kesehatan masyarakat,” ujarnya.

Bupati Poso dr. Verna G.M Inkiriwang pada kesempatan itu juga menyampaikan sambutan, dikatakannya bahwa Sidang Sinode bagi gereja merupakan sebuah kegiatan yang berkesinambungan, dimana melalui pelaksanaan kegiatan ini akan melakukan evaluasi capaian program kerja keputusan Sidang Sinode yang telah dilaksanakan selama satu periode pelayanan. Selanjutnya merumuskan garis besar program dalam bentuk Keputusan Sidang Sinode, peraturan dan tata gereja, serta pemilihan Majelis Sinode GKST sebagai mandataris yang akan melaksanakan keputusan Sidang Sinode ke-47 Tahun 2021.

Bupati Verna berharap melalui Sidang Sinode GKST ke-47 tahun ini, dengan kepemimpinan majelis sinode yang baru periode 2021-2026, GKST akan mampu memberi dorongan yang kuat untuk kebangkitan masyarakat Sulawesi Tengah di segala aspek sehingga daerah-daerah di Sulawesi Tengah bisa maju sejajar dengan daerah lainnya di Indonesia yang lebih maju dan modern.

Hadir dalam acara pembukaan tersebut antara lain Ketua Umum Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI), Gubernur Sulawesi Tengah yang diwakili Asisten III Mulyono, SE. Ak. MM, Ketua Umum Majelis Sinode GKST, Ketua Sinode AM Gereja Sulawesi Utara, Tengah dan Gorontalo (SAG), Ketua Persekutuan Gereja-Gereja di wilayah Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat (PGIW), Bupati/Walikota Se-Sulawesi Tengah, Bupati Luwu Timur dan Bupati Luwu Utara, Ketua Lembaga Keumatan/keagamaan Se-Sulawesi Tengah, Para Pendeta dan seluruh peserta sidang sinode GKST ke-47.

(*) PPID Poso

Selengkapnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

You cannot copy content of this page