Bupati Verna Lantik Kades Persiapan Desa Defenitif Tambarana Utara

POSO, DETAIL73.COM-Bupati Poso
dr. Verna GM Inkiriwang meresmikan sekaligus melantik Penjabat Sementara Kepala Desa Persiapan Tambarana Utara
bertempat di Pura Agung Udyanasari Taman Indah Tambarana, Senin (31/01/2022).

Pelantikan dan peresmian itu sendiri ditandai dengan pemukulan Gong oleh Bupati Verna, disusul penandatanganan prasasti serta melantik Abd. Aziz Batjo, sebagai Pjs Kades Persiapan Tambaran Utara.

Pada kesempatan itu juga, Bupati Poso dr. Verna melakukan pemukulan Gong sebagai tanda diresmikannya Desa Persiapan Tambarana Utara, serta melantik Abd. Aziz Batjo, SH sebagai Penjabat Kepala Desa Persiapan Tambaran Utara.

Bupati Verna dalam sambutannya mengakui kalau Desa Tambarana Utara menyimpan potensi sumber daya alam yang berlimpah, didukung tanah pertanian dan perkebunan yang subur, sumber daya perikanan laut dan air tawar yang potensial, serta letak geografis yang strategis untuk perdagangan barang dan jasa. Itu semua menjadi modal besar untuk berkembang sebagai desa masa depan yang bakal dilirik para investor.

“Olehnya masyarakat harus memacu kreativitas dan lebih meningkatkan sumber daya manusia sebagai pelaku pembangunan itu sendiri agar potensi desa yang dimiliki dapat dikelola dan dimanfaatkan untuk peningkatan pendapatan asli desa yang pada akhirnya akan dapat di pergunakan dengan sebaik-baiknya untuk peningkatan kesejahteraan seluruh masyarakat,” ucap Bupati Verna dalam sambutannya.

Menurutnya bahwa penetapan dan  pembentukan Desa Persiapan Tambarana Utara sudah melalu proses yang telah diatur dalam aturan Menteri Dalam Negeri Nomor 1 Tahun 2017 pasal 10 dan pasal 11, Pemerintah Kabupaten Poso melalui Peraturan Bupati Poso Nomor 33 Tahun 2021 menetapkan pembentukan Desa Persiapan Tambarana Utara dengan tujuan antara lain : untuk mewujudkan efektivitas penyelenggaraan pemerintahan desa, mempercepat peningkatan kehidupan dan kesejahteraan masyarakat desa, mempercepat kualitas pelayanan publik, peningkatan kualitas tata kelola pemerintahan desa serta meningkatkan daya saing desa.

Selain itu Bupati Verna juga mengatakan, dalam mengemban amanat rakyat Kabupaten Poso, dirinya bersama Wakil Bupati Yasin Mangun selaku Pemerintah Kabupaten Poso mengambil kebijakan strategis melalui RPJMD 2021-2026 berupa 7 (Tujuh) Pilar Program Pemerintah Daerah tertuang secara teknis dalam Program Kegiatan Organisasi Perangkat Daerah Pemerintah Kabupaten Poso.

Tujuh Pilar tersebut yaitu Desa maju, Poso sehat, Poso pintar, Poso sejahtera, Poso pakaroso, Poso harmoni dan tangguh serta Poso bersinar dan terdepan.

“Kami hadirkan itu semua untuk seluruh masyarakat Sintuwu Maroso. Tujuh pilar program unggulan pemerintah daerah tersebut terus kita sosialisasikan bahkan telah kami wujudkan satu persatu untuk kesejahteraan masyarakat Kabupaten Poso, bumi Suntuwu Maroso,” terangnya.

Sebelumnya, kedatangan orang nomor satu Kabupaten Poso disambut hangat dan meriah oleh masyarakat Tambarana Utara sangat meriah dari berbagai elemen masyarakat yang ada.

Bahkan rombongan Bupati disambut anak-anak sekolah yang bersemangat ingin melihat langsung Ibu Bupati Poso serta Wakil Bupati Poso, yang saat itu turut didampingi anggota Komisi I DPRD Provinsi Sulteng Ellen Esther Pelealu, Forkopimda Podo, anggota DPRD Poso, perwakilan Kadis PMD Provinsi Sulteng, pimpinan OPD, Camat Pesisir Utara, para Kades Se-Kecamatan Poso Pesisir Utara, Ketua BPD, Ketua LPM, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda, Tokoh Adat, dan Tokoh Perempuan. (Rus/DM)

Selengkapnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

You cannot copy content of this page