2023, Universitas Terbuka Akan Cetak Alumni Doktor Ilmu Manajemen yang Pertama

MAKASSAR- Diprediksi tahun akademik 2023 Universitas Terbuka akan mencetak alumni Doktor Ilmu Manajemen Universitas Terbuka (DIM UT) yang pertama, sebanyak 25 orang.

Para calon alumni doktor itu berasal dari mahasiswa DIM UT angkatan pertama tahun 2019, mereka ini sedang berproses secara akademik.

Demikian ditegaskan Ketua Prodi DIM UT, DrE. Andriyansah, SE, MM, kepada media Kamis siang 25 Agustus 2022 didampingi dosen DIM UT, Prof Dr H Abd Rahman Rahim, SE, MM; Dr. Andi Harmoko Arifin, SE, M.Si; Dr.Zulkifli Sultan, SE, MM.

Dijelaskan, saat ini total mahasiswa tiga tahun terakhir pada tiga angkatan berjumlah 80 orang, angkatan 1 tahun 2019 sebanyak 39, angkatan II, (24) dan angkatan III (17) dan tahun ke empat 2022 sedang berproses seleksi penerimaan mahasiswa baru sampai dengan akhir Nopember 2022.

Para mahasiswa DIM UT angkatan pertama ini sudah ada yang selesai ujian prelium, proses persiapan publikasi pada jurnal ilmiah bereputasi, ujian proposal dan persiapan ujian hasil.

Para mahasiswa DIM UT ini berasal dari seluruh pelosok Indonesia di antaranya dari Jember, Surabaya, Ternate, Majene dan Serang dan malah ada juga orang Indonesia yang tinggal di Malaysia.

Para mahasiswa DIM UT itu ada yang berprofesi sebagai praktisi, dosen, TNI, pegawai Statistik, wiraswasta. Para mahasiswa itu ada juga beberapa orang alumni magister manajemen UT.

Prodi DIM UT gencar melakukan sosialisasi dan promosi dengan menggunakan media massa dan media sosial.

Selain itu juga melakukan seminar dan kegiatan akademik lainnya. Awal September 2022 akan digelar seminar nasional dengan nara sumber Menteri Pertanian Dr Syahrul Yasin Limpo, SH, MH, selebriti dan politisi Tantowi Yahya
dan nara sumber lainnya.

Sosialisasi dan promosi juga dilakukan dengan pengelola pascasarjana yang telah dikerjasamakan yakni, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa dan Universitas Jember.

Selain itu media sosialisasi lainnya adalah lewat forum Aliansi Program Doktor Manajemen Indonesia (APDMI) dan Asosiasi Fakultas Ekonomi Indonesia yang setiap saat melakukan kegiatan dan sharing kegiatan dan program, katanya.

Saat ini Prodi DIM UT, merupakan satu-satunya prodi S3 dengan sistem pengelolaan pembelajaran jarak jauh.

Pengelola DIM UT melakukan studi banding ke DIM Unhas selanjutnya Prodi DIM UT ke Prodi DIM Unair Surabaya, DIM Universitas Andalas, DIM Universitas Andalas.

Hasil temuan dalam studi banding ke sekolah pascasarjana pengelola DIM akan jadi bahan masukan dalam penggodokan penyusunan kurikulum DIM, tandasnya. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button