Bupati Chaidir Syam Bakal Terima Studi Lapang Mahasiswa FISIP Unismuh di Ruang Pola Kantor Bupati Maros

Laporan: Fitra

Citizen Reporter

MAKASSAR-  Bupati Maros, H.A.S Chaidir Syam, S.IP, MH sesuai rencana bakal terima secara resmi mahasiswa studi lapang FISIP Unismuh Makassar Senin 12 Desember 2022 di Ruang Pola Kantor Bupati Maros.

Hal tersebut terungkap pada rapat kordinasi rencana Studi Lapang FISIP Unismuh Makassar di Maros, Selasa 29 Nopember 2022 di Mini Hall FISIP Lt 5 Gedung Iqra Unismuh Makassar.

Pada rapat tersebut hadir mahasiswa sebanyak 20 orang mewakili kelas masing masing serta dosen, Prof Dr H Muhlis Madani, M.Si, Dr.Muhammad Yahya, M.Si, Dr Abdi M.Si, Iswadi Amiruddin, S.Sos, M.Si.

Prof Muhlis Madani pada kesempatan itu menjelaskan, studi lapang mengajak mahasiswa bersentuhan dengan situasi pelaksanaan jalannya administrasi pemerintahan.

Selain itu juga ada terapan dari teori yang didapatkan di kampus dengan turun langsung mengamati dan menyaksikan para Aparatur Sipil Negara (ASN) menjalankan tugas dan fungsinya melayani publik.

Pilihan kepada Maros karena secara geografis relatif dekat dan bisa dijangkau dalam waktu singkat.

Dosen lain yang akan dampingi mahasiswa, Dr Abdi M.Si menambahkan, studi lapang ini belajar sambil rekreasi menyaksikan dan mengamati praktek para birokrat dalam memberi pelayanan kepada masyarakat.

Ditambahkan selama di Maros ada tiga instansi yang akan jadi obyek sasaran studi yakni Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga, BKPSDA serta Dinas Komunikasi dan Informasi.

Mahasiswa peserta kuliah lapangan ini setelah kembali ke kampus akan menuliskan laporan yang kelak akan jadi penilaian untuk kelulusan mata kuliah yang diampuh oleh para dosen pendamping tersebut.

Menurut Abdi, peserta kuliah lapangan ini terdiri dari dua prodi yakni Ilmu Administrasi Negara dan Ilmu Komunikasi berjumlah 270 orang, kata Ketua Gugus Kendali Mutu Fisip Unismuh ini.

Peserta kuliah lapangan ini berasal dari mahasiswa yang memprogramkan mata kuliah dari dosen Prof Muhlis Madani, Pengambilan Keputusan serta Kebijakan Publik. Dr Abdi dengan mata kuliah Asesmen Kinerja serta Birokrasi dan Governance Publik. Dr. Muhammad Yahya, M.Si dengan mata kuliah Penulisan Kreatif. **

Laporan: Fitra – Mahasiswa Semester III Ilmu Komunikasi FISIP Unismuh Makassar

Selengkapnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

You cannot copy content of this page