Dosen Pertanian Gelar Penyuluhan Budidaya Ikan Sistem Bioflak di Ponpes Darul Falah Unismuh Makassar Bissoloro Gowa

Laporan: Dr.Jumiati, S.P.,M.M.,IPM.,MCE.

Citizen Reporter

MAKASSAR-  Dosen Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Makassar
menggelar penyuluhan budidaya ikan dengan sistem bioflok dan pelatihan pembuatan pakan ikan pada Ikatan Pelajar Mahasiswa dan Pengelola Bioflok pada Ponpes Darul Fallah Universitas Muhammadiyah Makassar di Bissoloro, 26 Januari 2023.

Tim PKM Fakultas Pertanian Unismuh Makassar melaksanakan penyuluhan budidaya ikan nila sistem bioflok dan pelatihan pembuatan pakan ikan.

PKM ini didanai oleh Majelis Pendidikan Tinggi Penelitian dan Pengembangan Pimpinan Pusat Muhammadiyah skema Pengabdian Kepada Masyarakat Hibah ResitMu Batch VI Anggaran 2022 sesuai Kontrak nomor:1687.060/PkM/I.3/D/2022.

Mitra dari Kegiatan PKM ini adalah Ponpes Darul Fallaah Unismuh Makassar dan Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) Pimpinan Ranting MA Darul Fallaah.

Kegiatan ini dibuka oleh Ketua Tim Dr. Jumiati, S.P.,M.M.,IPM.,MCE. Kemudian sambutan dari pengelola unit usaha bioflok, Ismail, S.P. dan ketua IPM Ranting MA Darul Fallaah Dewi Siti setelah itu Dr. Ir. Hj. Andi Khaeriyah, M.Pd.,IPU, memulai kegiatan penyuluhan budidaya ikan nila sistem bioflok, mulai dari pengertian sampai cara budidaya ikan nila sistem bioflok, kemudian setelah itu tanya jawab dari peserta.

Peserta sangat antusias mengikuti penyuluhan dengan melihat banyaknya pertanyaan diajukan oleh pengelola. Menurut mereka apa yang disampaikan dalam kegiatan ini merupakan pengetahuan baru bagi mereka.

Menurut Dewi Siti selaku ketua IPM sebelumnya tidak diajari budidaya ikan nila sistem bioflok, sehingga kegiatan pengabdian ini sangat dibutuhkan untuk menambah pengetahuan.

Selain kegiatan penyuluhan dilakukan juga pelatihan pembuatan pakan buatan dengan memanfaatkan limbah sayur, kegiatan ini ditujukan membantu mitra di dalam budidaya ikan karena salah satu masalah yang hadapi adalah mahalnya harga pakan ikan.

Kegiatan ini dimulai pada penentuan bahan, alat, proses pembuatan pakan hingga menghasilkan pakan buatan dari limbah sayur terpementasi.

Kegiatan ini dihadiri TIM PKM Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Makassar Dr. Jumiati, S.P.,M.M.,IPM.,MCE., Dr. Ir.Hj.Andi Khaeriyah. M.Pd.,IPU.

Mahasiswa Prodi Agribisnis yaitu Muhamad Alhilal Hamdi Laya, Bambang Hadi Wantoro dan prodi Budidaya Perairan, Nurlinati, Naswa serta pengelola unit usaha Bioflok dan Pengurus dan anggota IPM MA Darul Fallaah.

Kegiatan penyuluhan dan pelatihan diharapkan memberi pengetahuan dan keterampilan kepada mitra PKM ujar Dr. Ir. Andi Khaeriyah, M.Pd.,IPU. Selaku pemateri pada kegiatan tersebut.**

Laporan: Dr.Jumiati, S.P.,M.M.,IPM.,MCE.- Ketua Tim PKM Fakultas Pertanian Unismuh Makassar

Selengkapnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

You cannot copy content of this page