Bupati Delis Inspektur Apel Pada HAB Ke-78 Kemenag RI di Morut

MORUT, DETAIL73.COM-Bupati Morut Dr. dr. Delis Julkarson Hehi, MARS menjadi Inspektur Upacara pada peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) Ke-78 Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) yang dilaksanakan di Pelataran Kantor Kemenag Morut, Desa Tompira pada Rabu (03/01/2023).

Hari Amal Bhakti (HAB) merupakan hari lahirnya Kemenag RI yang diperingati pada tanggal 3 Januari 2024. Peringatan HAB Ke-78 tahun ini mengusung tema “Indonesia Hebat Bersama Umat”. Kegiatan Apel diikuti oleh seluruh ASN Lingkup Kemenag Morut.

Dalam amanatnya, Bupati Delis membacakan sambutan Menteri Agama yang mengatakan bahwa Hari Amal Bhakti (HAB) memiliki harapan dan tekad untuk mencurahkan pengabdian kepada masyarakat untuk mewujudkan segala cita-cita dibentuknya Kementerian Agama.

Beliau juga mengatakan bahwa berbagai ikhtiar telah dilaksanakan Kemenag RI melalui berbagai program seperti Penguatan Moderasi Beragama, Transformasi Digital, Revitalisasi KUA, Kemandirian Pesantren, Cyber Islamic University, dan Religiousity Index Tahun Kerukunan Umat Beragama kini telah menampakkan hasil yang positif.

“Tugas berat kita adalah menjaga harmoni kehidupan beragama sebagai salah satu pilar kerukunan Nasional. Selain itu, kita juga memiliki tugas untuk membangun karakter bangsa melalui pendidikan agama yang moderat adalah fondasi kokoh dalam mewujudkan kerukunan umat beragama demi tercapainya tujuan pembangunan”, ujarnya.

Lebih lanjut, para ASN Lingkup Kemenag RI diminta untuk selalu menjaga netralitas dalam menghadapi tahun politik. Menjaga kondusifitas serta mengkampanyekan anti politik identitas kepada masyarakat merupakan salah satu bentuk netralitas yang diharapkan.

Sebagai bentuk apresiasi atas pengabdian kepada negara, Kemenag RI tahun ini kembali mengajukan kepada Presiden untuk memberikan penghargaan Satya Lencana Karya Satya kepada 10.198 Pegawai Negeri Sipil Kementerian Agama.

Dan permohonan tersebut telah dikabulkan oleh Presiden. Pada HAB Ke – 78 ini, atas nama Presiden, Penghargaan Satya Lencana Karya Satya 30 tahun diberikan kepada 1.071 orang, 20 tahun kepada 2.810 orang, dan 10 tahun kepada 6.317 orang Pegawai Negeri Sipil Kementerian Agama.

“Selamat memperingati Hari Amal Bhakti ke-78 Kementerian Agama, semoga terus jaya, serta menjadi oase dan pelayanan umat yang terbaik”, ucapnya menutup sambutan.

Kemenag Morut mengisi peringatan HAB Ke-78 dengan kegiatan Donor Darah yang diselenggarakan setelah pelaksanaan Apel.

Nampak hadir mendampingi Bupati Delis yakni Kepala Kantor Kemenag Morut Dr. H Abdul Mun’im, M.H.I beserta jajaran dan staf, Kapolres Morowali Utara yang diwakili oleh Kompol Marthen Ratu, serta Danramil 1311-03 yang diwakili oleh Serma Alimuddin.

Hadir pula Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Morut Ridwan Dg Malureng S.Ag, Camat Petasia Timur Hamja S.Pi, serta segenap ASN Lingkup Kemenag Morut (RD/AW)

Editor : David Mogadi
Sumber : Kominfosandi Kab Morut

Selengkapnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

You cannot copy content of this page