Bandara Kasiguncu, Kembali Aktifkan Jasa Penerbangan Dari dan Menuju Kabupaten Poso

Bupati Verna : Untuk mendorong peningkatan ekonomi dan arus kunjungan parawisata ke daerah Poso

POSO, DETAIL73.COM – Pelayanan jasa penerbangan komersil melalui Bandara Kasiguncu Poso kembali dibuka, yang ditandai dengan penerbangan perdana pesawat komersil Susi Air dengan rute penerbangan Poso Palu berkapasitas 12 seat, pada hari Senin (8/01/2024).

Kepala Bandara Poso Hariyanto, SE yang didampingi Kadis Perhubungan Kabupaten Poso Yunirson Penyami, S.Pd, MM dan Kabid Perhubungan Laut dan Udara Muchazir, S.Sos di Bandara Kasiguncu menjelaskan penerbangan tersebut mendapat subsidi dari Pemerintah Pusat (APBN) dengan jalur penerbangan Palu-Poso dan Poso-Palu setiap hari senin.

Hariyanto juga mengungkapkan kesyukurannya dengan dibukanya kembali penerbangan dari Poso yang sempat vakum sejak masa covid 19 lalu.

“Alhamdulillah Bandara Kasiguncu kembali bisa melayani masyarakat Poso dan daerah sekitar untuk jasa penerbangan dan kami akan menyiapkan pelayanan dengan sebaik-baiknya,” ungkapnya.

Sementara itu, Kadis Perhubungan Kabupaten Poso Yunirson Penyami
menuturkan upaya Pemda Poso melalui Bupati Poso dr. Verna GM Inkiriwang, untuk membuka kembali armada penerbangan di Poso, tak lain untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Poso serta masyarakat lainnya yang ingin datang dan pergi dari Poso termasuk untuk mempermudah perjalanan kunjungan pariwisata alam di Kabupaten Poso.

“Dalam berbagai kesempatan Bupati Poso selalu menekankan pentingnya moda transportasi udara kembali aktif masuk ke Poso untuk mendukung peningkatan ekonomi masyarakat serta kunjungan pariwisata di Kabupaten Poso untuk terus dikembangkan potensinya,” terangnyan.

Ditambahkannya, apalagi saat ini, berbagai event regional dan maupun nasional juga sering digelar di Kabupaten Poso, untuk mendukung kemajuan kepariwisataan Poso, salah satunya event Festival Danau Poso yang sudah masuk dalam skala even nasional Kharisma Even Nusantara (KEN), keindahan dan keunikan patung megalitik yang sudah mendapat pengakuan dunia sebagai negeri seribu megalitik, serta potensi alam wisata Poso yang luar biasa menjadi telah menjadi magnet tersendiri, yang dapat memajukan industri pariwisata di Poso”

Keberadaan armada udara yang memudahkan jarak dan waktu tempuh menuju ke Poso tentu menjadi alasan lain para wisatawan akan ramai mengunjungi bumi tanah Sintuwu Maroso Kabupaten Poso,” tambahnya.

Sementara itu, Kabid Perhubungan Laut dan Udara Dinas Perhubungan Kabupaten Poso mengungkapkan bahwa dengan terbukanya kembali penerbangan Poso ini, akan menjadi pancingan kepada maskapai lainnya bisa ikut terlibat meramaikan penerbangan di Poso sehingga masyaraakat Poso bisa mendapat banyak alternative pilihan jasa penerbangan.

Dari pantauan di Bandara Kasiguncu Poso, nampak para penumpang yang kebanyakaan masyarakat asal Poso tanpa ragu bersiap-siap terbang perdana bersama Susi Air menuju ke kota Palu.

Sebelumnya, salah seorang penumpang asal Palu, bernama Kris yang telah merasakan terbang bersama jenis pesawat Cessna 208B Grand Caravan ini, menuturkan bahwa pesawat yang mampu terbang dengan kecepatan jelajah sekitar 317 km/jam mengatakan sangat nyaman terbang dengan pesawat jenis tersebut, tanpa guncangan sedikitpun dan waktu tempuh kurang dari 30 menit sudah sampai di Poso. (Ryan/SQ)

Editor : David Mogadi

Selengkapnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

You cannot copy content of this page