KPP Pratama Poso Gelar Tax Gathering, Ini Kata Bupati Verna Inkiriwang

POSO- Tax Gathering dan Pekan Panutan Pajak diselenggarakan di Torulemba Poso, Selasa, 5 Maret 2024. Acara ini dihadiri oleh para wajib pajak Kabupaten Poso dan Kabupaten Tojo Una-Una, bersama dengan Kantor Pelayanan Pajak Pratama Poso. Dalam sambutan tertulis Bupati Poso, dr. Verna G.M Inkiriwang, yang dibacakan oleh Asisten Administrasi Umum dan Keuangan Setdakab Poso, Rudy Ricardo Rompas, SH, MH, menyampaikan bahwa pajak dianggap sebagai kontributor terbesar pendapatan negara, membiayai anggaran pembangunan, dan memenuhi kepentingan negara.

Bupati Poso menegaskan bahwa pajak bukan hanya sarana pendanaan, tetapi juga alat untuk menyediakan fasilitas kesehatan, pendidikan, infrastruktur, dan pelayanan publik. Melalui transfer dana bagi hasil pajak, pemerintah daerah mendapatkan alokasi dana dari pendapatan APBN.

“Dana Bagi Hasil (DBH) pajak berasal dari pendapatan Pajak Bumi Dan Bangunan (PBB) sektor perkebunan, kehutanan, dan pertambangan, pajak penghasilan orang pribadi, serta cukai hasil tembakau,” jelas Bupati Poso.

Bulan Maret 2024 menjadi momentum untuk melaksanakan kewajiban perpajakan, khususnya bagi ASN dan P3K di lingkungan pemerintah daerah. Salah satu tugas adalah membuat, menerbitkan, dan membagikan bukti pemotongan PPH pasal 21 tahun 2023 kepada para pegawai di unit masing-masing. Selain itu, bendahara OPD diwajibkan memastikan pelaporan SPT Tahunan PPH orang pribadi secara online melalui E-Filing paling lambat tanggal 31 Maret 2024.

Acara Tax Gathering ini diharapkan dapat meningkatkan sinergi antara wajib pajak Kabupaten Poso dan Kabupaten Tojo Una-Una, serta Kantor Pelayanan Pajak Pratama Poso. Hal ini juga menjadi wadah apresiasi terhadap wajib pajak yang memperlihatkan tingkat kepatuhan perpajakan yang tinggi.

Turut hadir dalam acara tersebut mewakili Bupati Tojo Una Una, Forkopimda Tojo Una Una, Forkopimda Poso, mewakili Sekda Tojo Una Una, Rektor Unsimar, Rektor Unkrit, para kepala OPD Poso, ASN, mahasiswa, dan tamu undangan lainnya. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat memperkuat kesadaran pajak dan membangun kesadaran kolektif untuk mendukung pembangunan daerah. BAPE

Sumb: Kominfo Sandi Poso

Selengkapnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

You cannot copy content of this page