Kabupaten Poso di Tahun 2024 Lepas Status Desa Tertinggal

PALU- Kabupaten Poso keluar dari lingkaran status Desa Tertinggal, ini merupakan prestasi membanggakan bagi daerah ini. Tanpa Desa Tertinggal terungkap saat Musrenbang Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) digelar di Hotel Santika Palu, Kamis (18/04-24).

Musrenbang tingkat Provinsi Sulteng, dihadiri langsung Bupati Poso, dr. Verna GM. Inkiriwang, yang didampingi oleh Kepala Bapelibangda Kabupaten Poso, DR. Frist Sam Purnama, SH, M.AP.

Berdasarkan Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2016 tentang Indeks Desa Membangun (IDM) serta Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor 174 Tahun 2023 tentang Status Kemajuan dan Kemandirian Desa, tahun 2023 Provinsi Sulawesi Tengah masih memiliki 151 desa berstatus tertinggal yang tersebar di 10 kabupaten, kecuali Kabupaten Poso dan Kabupaten Buol.

Prestasi ini merupakan hasil kerja keras dan sinergi antara pemerintah daerah, masyarakat, serta berbagai pihak terkait dalam mengatasi kendala pembangunan dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat di setiap desa.

Bupati Verna, yang memimpin daerah ini sejak tahun 2021, menegaskan bahwa upaya berkelanjutan telah dilakukan dalam meningkatkan infrastruktur, pendidikan, kesehatan, dan perekonomian.

Berbagai program unggulan berkontribusi terhadap pencapaian ini, termasuk pengembangan potensi sumber daya alam secara berkelanjutan, pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui UMKM, serta peningkatan akses terhadap layanan publik.

Pemerintah Kabupaten Poso bertekad untuk terus meningkatkan prestasi di berbagai bidang dengan melanjutkan program pengembangan dan pemberdayaan yang telah berjalan dengan baik. Diharapkan, pencapaian ini dapat menjadi motivasi bagi upaya pembangunan kesejahteraan masyarakat.**

Selengkapnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

You cannot copy content of this page