Lewat Lomba, Bupati Poso Perkuat Kapasitas Pembangunan di Desa

POSO- Upaya mengembangkan dan memperkuat kapasitas desa, kehadiran Bupati Poso, dr. Verna Inkiriwang, pada penilaian Lomba Desa, di Desa Magapu Kecamatan Pamona Timur dan Desa Wayura Kecamatan Pamona Tenggara menunjukkan komitmen tinggi pemerintah daerah dalam mendorong pemberdayaan dan pembangunan desa yang berkelanjutan.

Lomba Desa tidak hanya bertujuan untuk menilai kemajuan yang telah dicapai oleh desa-desa tersebut, tetapi juga untuk mengidentifikasi tantangan yang masih dihadapi dan mencari solusi kreatif dan inovatif untuk mengatasinya.

Para peserta lomba, termasuk kades, memiliki kesempatan untuk menampilkan inisiatif-inisiatif unik mereka dalam berbagai bidang, yang semuanya berkontribusi terhadap kesejahteraan masyarakat desa.

Dengan fokus pada bidang pendidikan, kesehatan masyarakat, keamanan, dan partisipasi masyarakat, serta pemberdayaan perempuan dan pengelolaan BUMDES yang efektif, Lomba Desa ini menjadi wadah penting untuk memperkuat kemandirian desa.

Hasil dari lomba ini diharapkan dapat memberikan wawasan kepada pemerintah kabupaten tentang praktik terbaik dan tantangan yang dihadapi oleh masing-masing desa. Ini juga menetapkan dasar bagi pemberian dukungan yang lebih target, baik dalam bentuk pelatihan, pembiayaan, maupun sumber daya lain, yang akan membantu desa-desa ini mencapai potensi penuh mereka dalam kontribusi terhadap pembangunan daerah secara keseluruhan.

Bupati Poso telah menekankan pentingnya kreativitas dan profesionalitas dalam pengelolaan desa, dengan harapan bahwa hal ini akan menginspirasi para pemimpin desa untuk terus berinovasi dan bekerja keras demi mencapai kemandirian dan kemajuan yang berkelanjutan.

Ini juga menunjukkan pentingnya kegiatan ini sebagai bagian dari strategi pembangunan yang lebih luas yang dijalankan oleh pemerintah kabupaten, sejalan dengan prioritas pembangunan provinsi dan nasional. (BAPPE)

Sumb: Kominfo Poso

Selengkapnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

You cannot copy content of this page