Buka Konsultasi Publik KLHS RPJMD, Bupati Harapkan Melaksanakan Pembangunan Dengan Mengacu pada SDGs

POSO- Bupati Poso dr. Verna G.M Inkiriwang yang diwakili oleh Asisten Administrasi Umum Setdakab Poso, Rudy Ricardo Rompas, SH, M.Si, secara resmi membuka Konsultasi Publik I Penyusunan Kajian Lingkungan Hidup Strategis Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (KLHS-RPJMD) Kabupaten Poso Tahun 2025-2029. Acara ini berlangsung di aula Bapelitbangda, Selasa 14 April 2024

Dalam sambutannya, Bupati Poso mengingatkan bahwa sumber daya alam yang menjadi dasar keberlangsungan hidup manusia memiliki keterbatasan signifikan. Penebangan hutan, pencemaran air, kehilangan biodiversitas, dan perubahan iklim adalah beberapa contoh dampak negatif dari eksploitasi berlebihan terhadap sumber daya alam.

“Memperhatikan keterbatasan sumber daya alam dan kebutuhan manusia yang cenderung tak terbatas, penting bagi kita untuk mencapai keseimbangan antara pertumbuhan ekonomi, kesejahteraan sosial, dan pelestarian lingkungan. Ini adalah tugas bersama yang membutuhkan komitmen kuat dari semua pihak untuk menciptakan masa depan yang berkelanjutan dan layak untuk generasi mendatang,” ujar Bupati Poso dalam sambutannya yang dibacakan oleh Rudy Ricardo Rompas.

Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah untuk tahun 2025-2029 bukan hanya tentang infrastruktur fisik, tetapi juga tentang kualitas hidup masyarakat. Bupati Poso menekankan bahwa perencanaan jangka menengah adalah sebuah perjalanan yang memerlukan evaluasi terus-menerus untuk perbaikan sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan masa depan.

Bupati Poso berharap proses penyusunan KLHS RPJMD ini benar-benar diikuti oleh semua Kelompok Kerja (Pokja) secara kontinyu dan terstruktur. Mulai dari pengkajian pengaruh kebijakan rencana atau program terhadap kondisi lingkungan hidup, perumusan alternatif penyempurnaan rencana, penyusunan rekomendasi perbaikan untuk pengambilan keputusan kebijakan, penjaminan kualitas, hingga validasi KLHS.

“Dengan demikian, kita dapat melaksanakan pembangunan di Kabupaten Poso dengan tetap memegang prinsip utama pembangunan berkelanjutan, yakni mempertahankan kualitas hidup bagi seluruh manusia pada masa sekarang dan masa depan secara berkelanjutan,” lanjut Bupati Poso.

Turut hadir dalam acara ini adalah Dr. Ir. Muh. Nur Sangadji, DEA beserta tim Ahli Penyusun KLHS RPJMD, Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Poso, pimpinan perguruan tinggi se-Kabupaten Poso, para kepala OPD Pemda Poso, Kepala UPT KPH Sintuwu Maroso, pimpinan PT Poso Energy, para camat se-Kabupaten Poso, pimpinan YPAL, Ketua Aliansi Masyarakat Adat Nusantara, tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat, tokoh perempuan, tokoh pemuda, serta seluruh anggota Pokja.

Selengkapnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

You cannot copy content of this page