BAZNAS Sosialisasikan Zakat, Infag dan Sedekah di Lingkup ASN Pemkab Poso 

POSO- Mewakili Bupati Poso, dr. Verna G.M Inkiriwang, Asisten Perekonomian Setdakab Poso, Abdul Kahar Latjare, S.T. M.Si, membuka secara resmi kegiatan sosialisasi Zakat, Infaq, dan Sedekah yang diadakan oleh Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Poso. Acara ini berlangsung di Ruang Pogombo, Kantor Bupati Poso, pada Selasa, 4 Juni 2024.

Zakat, Infaq, dan Sedekah merupakan bagian fundamental dari ajaran Islam. Ketiga amalan ini bukan hanya sebagai bentuk ibadah kepada Allah SWT tetapi juga sebagai wujud nyata kepedulian sosial dan solidaritas umat Islam kepada sesama. Melalui Zakat, kita bisa membantu saudara-saudara kita yang kurang mampu dan mendukung program-program pemberdayaan masyarakat. Zakat juga membantu pemerintah dalam menangani masalah-masalah sosial dan secara tidak langsung dapat mendukung APBN dan APBD.

Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat sangat berperan dalam pengembangan dan pemberdayaan zakat. Hasil kajian menunjukkan bahwa undang-undang ini mendukung pengelolaan zakat yang lebih efektif dan efisien.

Dalam sambutan tertulisnya, Bupati Poso, dr. Verna GM Inkiriwang, menekankan pentingnya kolaborasi BAZNAS dengan berbagai pihak, termasuk pemerintah, masyarakat, dan dunia usaha. Bupati mengajak semua pihak untuk bersinergi dan berkomitmen bersama dalam menjalankan program-program kemanusiaan yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan dan keadilan sosial bagi seluruh lapisan masyarakat.

“Kami optimis bahwa BAZNAS akan mendistribusikan bantuan sesuai dengan kebutuhan masyarakat, baik berupa bantuan tunai, sembako, perlengkapan, atau layanan lainnya, tergantung pada kondisi dan kebutuhan penerima,” ujar Bupati.

Bupati juga berharap agar semua pimpinan instansi dan organisasi perangkat daerah (OPD) di Pemerintah Daerah Poso dapat mengikuti sosialisasi ini. Kehadiran dan partisipasi mereka sangat penting untuk memastikan bahwa pesan dan tujuan sosialisasi ini dapat dipahami dengan baik dan diterapkan di masing-masing instansi dan OPD. Dengan begitu, upaya untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman tentang Zakat, Infaq, dan Sedekah dapat lebih efektif dan menyeluruh, melibatkan pimpinan, pegawai, dan masyarakat di lingkungan masing-masing.

Acara tersebut dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk perwakilan Forkopimda Poso, Ketua MUI Kabupaten Poso KH. Arifin Tuamaka, S. Ag, MM, Ketua BAZNAS Provinsi Sulawesi Tengah Prof. Dr. Hj. Dahlia Suaib, S.Ag, M.Ag, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Poso Dr. Nasaruddin L. Midu, M.Ag, Ketua BAZNAS Kabupaten Poso, pimpinan instansi vertikal (Bank/BPJS), pimpinan OPD Pemda Poso, dan seluruh pengurus BAZNAS Kabupaten Poso serta tamu undangan lainnya.

Melalui kegiatan sosialisasi ini, diharapkan pemahaman dan pelaksanaan Zakat, Infaq, dan Sedekah di lingkup ASN dan instansi vertikal di Kabupaten Poso dapat dioptimalkan, sehingga membawa manfaat yang lebih besar bagi masyarakat dan pembangunan daerah.

Sumber: Diskominfosandi Poso

Selengkapnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

You cannot copy content of this page