Bupati Verna Hadiri Rakor TPP Perwakilan 19 Kecamatan Se-Kabupaten Poso

POSO, DETAIL73.COM – Bupati Poso
dr. Verna G.M Inkiriwang menghadiri Rapat Koordinasi Tenaga Pendamping Profesional (Rakor TPP) Kabupaten Poso, bertempat di Aula Kantor PUPR Pemda Poso.

Dengan mengusung tema “Membangun Sinergitas Untuk Menuju Kemandirian Desa, Bersama TPP P3MD dan Pemerintah Daerah Kabupaten Poso”, dengan menhadirkan para TPP perwakilan dari 19 wilayah Kecamatan se-Kabupaten Poso, Selasa (2/11/2021).

Sesuai dengan Surat Tugas 01/kp.05.01/2021, tentang tugas dan kewajiban dari pendamping desa ini, yang diterbitkan pada tanggal 8 Januari oleh Kementerian Desa di Jakarta. Adapun tugas dan prioritas yang perlu diperhatikan oleh pendamping desa dilapangan antara lain :
1. Fasilitasi pelaporan dan penggunaan dana desa,
2. Perencanaan pembangunan prioritas desa
3. Fasilitasi desa dalam pendataan SDGs desa,
4. serta tugas-tugas lain yang diperintahkan oleh Kementerian desa, pembangunan daerah tertinggal, dan transmigrasi.

“Perkembangan desa kita saat ini cukup signifikan dengan hasil pembangunan yang telah dilaksanakan dengan baik bersama seluruh komponen masyarakat desa. Namun ada hal penting dalam kebutuhan dasar di desa, seperti infrastruktur atau jalan-jalan desa, serta pemenuhan air bersih yang harus lebih diperhatikan. Sehingga hal yang mendasar tersebut menjadi program prioritas yang sangat perlu mendapatkan pendampingan dari para tenaga pendamping profesional,” ungkap Bupati Verna mengawali sambutannya.

Bupati Verna juga menjelaskan bahwa salah satu pilar program unggulan pemerintah daerah saat ini adalah Desa Maju. Sehingga melalui program ini pemerintah daerah berupaya mewujudkan pengelolaan sumberdaya alam daerah berbasis kawasan, melalui tata kelola desa yang akuntabel, transparan, inovatif serta produktif menuju desa maju.

“Peran para tenaga pendamping profesional desa dinilai sangat strategis
dalam memainkan peran penting ini, untuk berinovasi bersama pemerintah desa dan pemerintah daerah agar program-program yang dilaksanakan di desa dapat berjalan sebagaimana mestinya sesuai tujuan program pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa (P3MD) Kabupaten Poso,” terangnya.

“Selaku pemerintah daerah, saya berharap agar para fasilitator dapat melaksanakan fungsi tugas dengan sebaik-baiknya, dari pendampingan hingga mengawal terealisasinya berbagai program penbangunan desa, sebagai bukti ikut mendukung terwujudnya pilar program pembangunan desa maju,” tutur Bupati Verna menutup sambutannya.

Acara kemudian dilanjutkan dengan tanya jawab antara Bupati Poso bersama para TPP. Hadir juga pada kegiatan ini, Plt. Kadis PMD, dr. Jani Moula, Tenaga Ahli Madya Provinsi Sulteng dan Tenaga Ahli Kabupaten Poso.

(*) PPID Poso

Selengkapnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

You cannot copy content of this page