Bupati Morowali Utara, Hadiri Buka Desa di Desa Lembah Sumara dan Launching Aplikasi Alisha

MORUT, DETAIL73.COM-Bupati Morowali Utara Dr. dr. Delis Julkarson Hehi, MARS, hadiri Kegiatan Bupati Berkantor di Desa (Buka Desa) bertempat di Desa Lembah Sumara, Kecamatan Soyo Jaya pada Selasa (29/08/2023).

Dalam sambutannya, Bupati Delis mengatakan bahwa tujuan dilaksanakannya kegiatan Buka Desa adalah untuk menghadirkan berbagai pelayanan publik yang ada di ibukota agar hadir juga di desa.

Hal ini tentu saja akan memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk memperoleh hak dalam hal pemberian pelayanan publik seperti pelayanan Administrasi Kependudukan, pelayanan kesehatan, pelayanan perizinan dan pelayanan publik lainnya.

Bupati juga mengatakan bahwa kegiatan Buka Desa bertujuan untuk menjalin silaturahmi antara Pemerintah Kabupaten dengan Pemerintah Kecamatan dan Desa dimana didalamnya segala ide, saran, dan masukan dari masyarakat dapat disampaikan langsung oleh para Kepala Desa yang hadir.

“Terimakasih atas kontribusi kerja keras seluruh Pemerintah Desa sampai ke tingkat Kabupaten sehingga beberapa hari yang lalu Kabupaten Morowali Utara mendapatkan Peringkat dalam Evaluasi penyelenggaraan Pemerintah Daerah di Sulawesi Tengah dengan Status Kinerja ‘Sedang’,” ujarnya.

Bupati berharap tahun depan Kabupaten Morowali Utara dapat kembali mendapatkan Peringkat Pertama dalam Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah di Sulawesi tengah dengan Status Kinerja ‘Tinggi’.

“Kami ingin agar pembangunan yang ada di Kabupaten Morowali Utara ini dapat merata di seluruh Kecamatan yang ada tanpa terkecuali. Oleh karena itu, kondusifitas wilayah yang terjaga dengan aman dan damai sehingga pembangunan dapat terus berjalan”, ujarnya menutup sambutan.

Setelah memberikan sambutan Bupati Delis melakukan Launching Aplikasi Alisha (Analipu Sehat), yang merupakan sebuah inovasi dalam memberikan pelayanan publik kepada masyarakat dalam hal penerbitan Kartu BPJS Kesehatan.

Aplikasi ini merupakan hasil kerjasama antara Dinas Kesehatan Morut dan RSUD Kolonodale dengan BPJS Kesehatan. Para Kepala Desa atau Petugas Desa nantinya cukup melakukan verifikasi data melalui aplikasi secara daring sehingga Kartu BPJS dapat diterbitkan kapanpun karena sistem ini bekerja selama 24 jam.

Buka Desa di Kecamatan Soyo Jaya juga dirangkaikan dengan kegiatan Audit Kasus Stunting dimana kegiatan tersebut membahas berbagai hal yang menjadi penyebab kasus Stunting di Kecamatan Soyo Jaya untuk kemudian diberikan solusi yang tertuang dalam rencana aksi percepatan penurunan Stunting.

Bupati Delis juga memberikan bantuan berupa peralatan Komputer, buku dan rak buku yang menggunakan dana CSR dari Bank Sulteng bekerja sama dengan Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah kepada Perpustakaan Desa.

Beliau berharap program pengenalan Teknologi Komputer dan juga pengenalan Bahasa Inggris kepada para generasi muda dapat meningkatkan kecerdasan masyarakat khususnya anak-anak yang berada di pedesaan.

Selain itu, Bupati Delis juga menyerahkan bantuan alat kesehatan berupa Implant Removal Kit dan Intra Uterin Device (IUD Kit) kepada Kepala Puskesmas Tambayoli.

Nampak hadir mendampingi Bupati yakni, Kapolsek Soyo Jaya Ipda Risman, Danramil 1311-08 Soyo Jaya diwakili oleh Serma Tamrin, sejumlah pejabat Eselon II Lingkup Pemda Morut serta Camat Soyo Jaya Drs.H. Ramli. (*/Yoksan)

Editor : David Mogadi

Selengkapnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

You cannot copy content of this page