Selain Unik, Danau di Kabupaten Poso Ini Miliki Gelombang Air yang Mirip dengan Gelombang Laut

PALU, DETAIL73.COM – Danau Poso adalah danau terbesar ketiga di Indonesia setelah Danau Toba di Sumatra Utara dan Danau Singkarak di Sumatra Barat.

Secara geografis, Danau Poso yang mempunyai kedalaman mencapai 450 meter ini terletak di Kota Tentena, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah.

Dilansir Kabarbumn.com dari indonesia.go.id, Danau Poso memiliki banyak keunikan, yang menjadikannya sebagai destinasi pilihan wisatawan.

Selain pasirnya berwarna kuning keemasan, gelombang air di danau ini juga mirip dengan gelombang laut.

Jika lihat secara seksama, warna air di Danau Poso juga cukup unik.

Di bagian pinggir danau, airnya terlihat berwarna hijau sedangkan di bagian tengah danau warna ainya menjadi biru.

Keunikan dan kekhasan dari Danau Poso ini telah menggerakkan pemangku kepentingan di Sulawesi Tengah untuk mengembangkannya menjadi salah satu destinasi wisata provinsi itu.

Pemprov setempat juga berencana menjadikan Danau Poso sebagai warisan geologi dan mengembangkannya menjadi taman bumi atau geopark.

Tak hanya itu, usulan untuk menjadikan situs warisan geologis Danau Poso ini juga didorong oleh keinginan masyarakat dari berbagai lapisan yang berasal dari unsur agamawan, peneliti, hingga para sejarawan.

Danau Poso layak dijadikan pusat geopark karena telah memenuhi sejumlah syarat.

Beberapa diantaranya terdapat danau purba, menjadi pusat penelitian biologi karena ada 20 jenis endemi dan memiliki pusat arkeologi, kekayaan biodiversity, serta adanya cerita misteri dari danau itu sendiri.

Terlepas dari kekayaannya, Danau Poso sendiri memang sangat cantik.

Danau ini juga banyak dikunjungi oleh mereka yang ingin mengisi waktu liburannya sambil menikmati pemandangan alamnya yang indah.***

Editor : David Mogadi
Sumber: indonesia.go.id

Selengkapnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

You cannot copy content of this page