Bupati Poso Resmi Menutup Semua Rangkaian Kemeriahan FDP ke 23

Verna "FDP bukan hanya sekedar perayaan, tetapi juga merupakan bentuk penghormatan terhadap keindahan dan kekayaan alam yang dimiliki oleh Kabupaten Poso"

POSO, DETAIL73.COM – Berbagai pertunjukkan budaya digelar saat seremonial penutupan Festival Danau Poso (FDP) ke-23 Tahun 2023 di Anjungan Festival Tepian Danau Poso Tentena Jumat malam, 13 Oktober 2023 oleh Bupati Poso dr. Verna G.M Inkiriwang.

Diawali adat Molimbu yang merupakan sebuah adat Pamona Poso dengan makan bersama ditengah lapangan atau ruangan yang luas dengan lauk lengkap, nasi dibungkus dalam daun jati atau daun pisang yang disajikan dalam sebuah wadah “Bingka Lora” semacam piring yang terbuat dari anyaman bambu dilengkapi minuman saguer manis atau tuak manis sambil mendengarkan alunan music karambangan (music khas pamona dengan syair yang indah) serta dilengkapi hiburan permainan engrang (tongkat bamboo yang tinggi sebagai alas berjalan).

Selain itu, juga ditampilkan atraksi budaya kesenian berupa tari parade bingka lora, tari tamang kaba dan kesenian Poso dan daerah Sulawesi Tengah lainnya.

Bupati Poso menekankan, bahwa FDP bukan hanya sekedar perayaan, tetapi juga merupakan bentuk penghormatan terhadap keindahan dan kekayaan alam yang dimiliki oleh Kabupaten Poso.

Danau Poso adalah danau fenomena geografis yang luar biasa dan merupakan warisan alam yang harus dijaga dan dilestarikan bersama untuk generasi mendatang.

“Festival ini bukan hanya sebuah perayaan, tetapi juga merupakan kesempatan bagi kita semua, tanpa memandang perbedaan, untuk bersatu dalam keragaman dan memperkuat ikatan kebersamaan kita,” terang Bupati Poso dalam sambutannya.

“Kontribusi besar dari para pelaku UMKM dan seniman lokal dalam mensukseskan acara festival juga memberikan peluang besar terhadap promosi pariwisata dan perekonomian local, sehingga harus menjadi motivasi bagi semua pihak untuk terus berkarya dan berkreasi serta berprestasi mengejar ketertinggalan agar sejajar dengan kota-kota maju lainnya di Indonesia,” tambahnya.

Mengakhiri sambutannya, Bupati Verna menyampaikan apresiasi dan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada pihak Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Gubernur Sulawesi Tengah, panitia pelaksana, sponsor, pemerintah kecamatan, pemerintah desa, tokoh-tokoh adat dan agama, pemelihara dan pemerhati budaya, generasi muda Poso, aparat TNI/POLRI, masyarakat, serta semua pihak yang telah bekerja keras dan berkontribusi demi kesuksesan Festival Danau Poso 2023.

Pamungkas acara penutupan FDP ke 23 semarak dan meriah dipadati ribuan pengunjung dengan pesta kembang api yang berdurasi panjang serta hadirnya Mario G Klau dengan tembang-tembang hitsnya yang digandrungi kawula muda serta dero massal yang ditunggu-tunggu masyarakat Tentena dan para pengunjung lainnya baik dari kota Poso maupun daerah lainnya di Sulawesi Tengah seperti Kota Palu, Luwuk Banggai, Morowali, Morowali Utara, Tojo Una-Una, Parigi Moutong, Kabupaten Sigi serta Kabupaten tetangga dari provinsi Luwu Timur. ***

Editor : David Mogadi
Sumber : Kominfosandi Kab Poso

Selengkapnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

You cannot copy content of this page