Bupati Verna Hadiri Sekaligus Membuka Pelaksanaan Program Unggulan Bunga Desa, Guna Dekatkan Layanan Vital Kepada Masyarakat

POSO, DETAIL73.COM – Pemda Kabupaten Poso kembali menggelar acara unggulan “Bupati Ngantor di Desa” atau yang lebih dikenal dengan “Bunga Desa”. Kali ini, Desa Sa’atu di Kecamatan Poso Pesisir menjadi tuan rumah.

Dalam penyelenggaraan yang berlangsung untuk ke-15 kalinya, Bupati Poso dr. Verna G.M Inkiriwang secara langsung memimpin kegiatan tersebut pada hari Selasa, 24 Oktober 2023.

Pelaksanaan Program Bunga Desa, yang berlangsung mulai Selasa, 24 hingga Rabu 25 Oktober 2023, di Desa Sa’atu, merupakan langkah signifikan menuju peningkatan kualitas hidup bagi masyarakat Kecamatan Poso Pesisir.

Layanan-layanan vital seperti pelayanan kesehatan, administrasi kependudukan, pertanian dan layanan sosial untuk masyarakat setempat masih menjadi primadona sama seperti Bunga Desa sebelumnya.

Bupati Verna memperkenalkan Program Bunga Desa sebagai langkah awal pembangunan, dimulai dari Desa.

Program ini dirancang untuk mendekatkan pemerintah dengan masyarakat pedesaan, memungkinkan interaksi langsung, diskusi dan pemahaman mendalam mengenai kehidupan sehari-hari warga. Data dan wawasan yang diperoleh dari kunjungan ini akan menjadi landasan bagi kebijakan strategis guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Partisipasi aktif masyarakat sangat ditekankan dalam program ini. Kehadiran Pemerintah Daerah di Desa Sa’atu bertujuan mendorong kolaborasi antara pemerintah daerah, instansi vertikal dan BUMN.

Seperti BPN Poso, Polres Poso, BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, Samsat Poso, Pajak Pratama Poso, BNN Poso, Bank BPD Poso, Bank Mandiri Poso, Bank BNI Poso, Bank BRI Poso, PMI Poso, Kementerian Agama Poso, dan Pengadilan Agama Poso serta masyarakat desa.

Sinergi ini diharapkan akan membantu pembangunan desa menjadi lebih akurat dan hasilnya langsung dirasakan oleh warga.

Selama pelaksanaan Program Bunga Desa di Desa Sa’atu, Pemerintah Daerah Kabupaten Poso juga menyelenggarakan acara pencatatan sipil/pernikahan massal. Selain itu, ada kegiatan pemberian bantuan seperti santunan duka, bantuan dari BPJS ketenagakerjaan, bantuan pangan, bantuan 1 unit traktor, bantuan laptop, bantuan pencegahan stunting, distribusi seragam sekolah gratis dan kegiatan lainnya.

Turut hadir dalam acara ini, Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Tengah Ellen Ester Pelealu, Anggota DPRD Kabupaten Poso, Iskandar Lamuka dan Made Kajeng, Dandim 1307 Poso, Pj. Sekda Kabupaten Poso, Para Kepala OPD Pemda Poso, perwakilan Forkopimda Poso, Serta Para Kepala/Perwakilan Instansi Vertikal/BUMN Poso. ***

Editor : David Mogadi
Sumber : Prokopim Kab Poso

Selengkapnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

You cannot copy content of this page