Peringati Hari Sumpah Pemuda, ke 95, Gubernur Sulteng H. Rusdy Mastura, Pimpin Apel Akbar Pemuda Sulteng di Desa Wuasa

POSO, DETAIL73.COM-Apel Akbar Pemuda se-Sulawesi Tengah yang dipimpin langsung Gubernur Sulawesi Tengah H. Rusdy Mastura mewarnai peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke-95 Tahun 2023 Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah yang digelar di Lapangan Desa Wuasa, Kecamatan Lore Utara, Sabtu 28 Oktober 2023.

Apel akbar sumpah pemuda itu dihadiri Pj.Sekda Kabupaten Poso Ir.Heningsih Tampai,M.Si yang mewakili Bupati Poso dr. Verna G.M Inkiriwang, Anggota DPRD Provinsi Sulteng, Unsur Forkopimda Sulteng/Kabupaten Poso serta dihadiri sebagian besar Kepala OPD lingkup provinsi dan kabupaten /kota se Sulteng, perwakilan pemuda, organisasi kepemudaan, bersama dengan para siswa dari tingkat SD, SMP, dan SLTA, serta anggota pramuka.

Acara tersebut diawali penyambutan Gubernur Sulawesi Tengah secara Adat Tampo Pekurehua-Tawaelia dengan mengusung tema nasional “Bersama Majukan Indonesia”.
Gubernur Sulawesi Tengah, Rusdi Mastura, membacakan amanat dari Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, disebutkan bahwa peringatan HSP ke-95 tahun ini mengingatkan pada semangat gotong royong pemuda dalam Sumpah Pemuda 1928, yang menyatukan visi kebangsaan dan komitmen kebangsaan.

Tema peringatan “Bersama Majukan Indonesia” mencerminkan semangat kolaborasi dan keanekaragaman suku, bahasa, dan budaya sebagai sumber kekuatan dalam memajukan Indonesia. Generasi muda Indonesia, dengan inklusivitas dalam kolaborasi lintas generasi, diharapkan dapat berperan aktif dalam pembangunan nasional.
Tantangan yang dihadapi Bangsa Indonesia saat ini seperti korupsi, kemiskinan, pengangguran, narkoba, dan isu-isu sosial lainnya. Namun, semangat pemuda untuk membangun Indonesia yang adil dan makmur tidak boleh surut.

Perkembangan teknologi dan arus informasi yang cepat menimbulkan kesenjangan dalam penguasaan teknologi dan informasi antar generasi. Oleh karena itu, penting bagi pemuda untuk memiliki visi, misi, dan peran strategis dalam pembangunan, dengan tolong-menolong lintas generasi dan gotong royong lintas sektor sebagai strategi utama.

Gubernur juga menekankan pentingnya implementasi Undang-Undang Kepemudaan dan Peraturan Presiden tentang Koordinasi Lintas Sektor Penyelenggaraan Pelayanan Kepemudaan untuk mencapai Indeks Pembangunan Pemuda (IPP).

Mewarnai Hari Sumpah Pemuda ke-95 di Wuasa diserahkan berbagai bantuan kepada masyarakat dan kelompok tani berupa peralatan olahraga, bibit pohon durian, dan bibit ikan. ***

Editor : David Mogadi
Sumber : Kominfosandi Kab Poso

Selengkapnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

You cannot copy content of this page