Siaga dan Tanggap Bencana Alam, Korem 132/Tadulako Selenggarakan Latihan di Kodim 1311/Morowali.

MORUT, DETAIL73.COM – Sinergitas Forkopimda dan Pimpinan OPD Morowali Utara pada Pembukaan Latihan Lapangan Penanggulangan Bencana Alam di Kodim 1311/Morowali oleh Korem 132/Tadulako bertempat dilapangan Morokoa Kolonodale. Senin (13/11/2023).

Apel pembukaan latihan lapangan penanggulangan bencana alam tersebut, dipimpin langsung Komandan Latihan Danrem 132/Tadulako Brigjen. TNI Dody Triwinarto, S.I.P.,M.Han dengan Perwira tertua Apel, Dandim 1311/Morowali Letkol Inf Alzaki S.E., M.M., M.B.A., M.M.A.S.

Dalam kegiatan apel tersebut tampak hadir antara lain Kasi Ops Korem 132/Tadulako Kolonel Inf. Kusnandar Hidayat, S.Sos., Wakil Bupati Kab.Morowali Utara H. Djira K, S.Pd, M.Pd, Kabag Ops Polres Morut Kompol I Nyoman Raka Arya, Kepala BPBD Morut Delfia Parenta. ST, Kasat Pol PP/Damkar Morut Burharman lambuli. SE, Sekdis PU Morut Alamsyah, Camat Petasia Novrianto Najamuddin. SE, Camat Petasia Barat Man Lauo, dan bebefapa kepala desa di se-Kecamatan Petasia, Petbar, dan Petir.

Dalam amanatnya Danrem 132/Tadulako Brigjen TNI Dody Triwinarto antara lai menyampaikan bahwa bencana alam dapat terjadi setiap saat dimana saja dan kapan saja.

“Latihan ini sangat penting dan sangat berguna dalam menghadapi bencana yang sewaktu-waktu bisa terjadi, terlebih lagi kita yang berada di Sulteng, musibah gempa dan tsunami sewaktu-waktu terjadi. oleh karena itu, kesiapsiagaan dan kecepatan bertindak dalam rangka membantu penanggulangan bencana tersebut sangat diperlukan, guna memelihara kesiapsiagaan, maka hari ini, kita akan melaksanakan gelar dan kegiatan latihan sampai beberapa hari ke depan.” ucapnya

Oleh karena itu dalam rangka menunjang tugas pokok, maka satuan Korem 132/Tadulako beserta jajarannya perlu kesiapan personel, material dan latihan penanggulangan bencana alam.

“Guna mengantisipasi bencana tersebut, saya berharap personil yang tergabung dalam satgas Pasukan Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (PRCPB) harus memahami dan mampu melaksanakan prosedur kerja hubungan Komando dalam perencanaan Operasi penanggulangan bencana alam.” tegasnya

Kedepan para personil Satgas PRCPB akan dibekali beberapa materi latihan yang meliputi teori dan praktek. Diantaranya pengetahuan organisasi penanggulangan bencana alam, pengetahuan penanggulangan bencana alam di darat, pengetahuan prosedur hubungan komandan dan staf, pengetahuan UU Nomor 24 Tahun 2007 tentang penanggulangan bencana, dan pengetahuan Perpres Nomor 8 Tahun 2008 tentang Badan Nasional Penanggulangan Bencana.

“Marilah kita siapkan segala sarana, prasarana yang dipunyai untuk dapat dikerahkan dalam menanggulangi bencana yang sewaktu-waktu terjadi. Kepada personil yang melanjutkan latihan penanggulangan bencana alam, pedomani prinsip-prinsip berlatih, ikuti prosedur, patuhi instruksi dari pelatih dan pembimbing-mu tingkatkan kemampuan kita bersama dalam menghadapi setiap kemungkinan bencana yang terjadi di wilayah ini.” tambah Danrem

Sementara itu Wabup H. Djira K, menyambut baik kegiatan yang akan digelar selama tiga hari ini.

“Apa yang dilakukan Korem 132/Tadulako dan Kodim 1311/Morowali adalah wujud darma bakti TNI sebagaimana telah diamanatkan dalam Undang-undang, dalam kesempatan ini saya sampaikan terima kasih kepada Komandan Korem dan Dandim yang telah memprakarsai latihan penanggulangan bencana alam ini.” terang Wabup.

Kegiatan diikuti anggota TNI, Polri, BPBD, Dinas Sosial, PMI maupun Perangkat Daerah Kabiaten Morowali Utara. (Ryo/Chem:/Yoksan)

Editor : David Mogadi

Selengkapnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

You cannot copy content of this page