KKSS Morut gelar Baksos Donor Darah

MOROWALI UTARA- Rangkaian HUT Ke- 3 Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) melaksanakan Bakti Sosial (Baksos) Donor Darah, di Gedung Serbaguna Beteleme, Morowali Utara, Sulawesi Tengah (Sulteng), Minggu (19/11/2023).

Baksos donor darah yang dilakukan, berkerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Morut.

Sekretaris Panitia HUT KKSS Morut, Sudirman, SKM, M.kes mengatakan, aksi donor darah ini merupakan bentuk solidaritas terhadap sesama dan salah satu dari rangkaian kegiatan yang diselenggarakan untuk memperingati 3 tahun terbentuknya kerukunan ini.

Sebutnya, baksos ini melibatkan 33 pendonor baik dari pihak Damkar, ASN, Wartawan, pelajar dan warga Morowali Utara.

Ia menjelaskan mengatakan tidak semua pendaftar dapat mendonorkan darahnya, karena ada kriteria yang ditetapkan PMI, ada beberapa faktor yang membuat pendonor tidak bisa mendonorkan darahnya yaitu dikarenakan nilai hemoglobin kurang dari 12 mg, tekanan darah pendonor yang tinggi, atau bisa juga karena pendonor sedang mengalami gangguan kesehatan.

“Manfaat donor darah bagi pendonor sangat banyak. Setelah donor darah, tubuh jadi lebih fit karena produksi darah diperbaharui,” jelasnya.

Selain itu, tekanan darah jadi lebih stabil. Keuntungan juga bisa didapat bagi mereka yang kelebihan sel darah merah. Karena dengan donor darah, tubuh jadi menyeimbangkan dengan kebutuhan.

Kegiatan ini juga tak luput dari perhatian Ketua KKSS Morowali Utara Hj Megawati Ambo Asa, S.IP, MH serta memberikan apresiasi berlangsung baksos ini.

Kata Mega, donor darah ini tak lain bentuk kepedulian bagi warga yang ingin membutuhkan darah, serta memenuhi ketersediaan kebutuhan dan stok darah bagi pasien yang membutuhkannya. (Yoksan)

Selengkapnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

You cannot copy content of this page