Anggota Kodim 1307/Poso, Serka Heryanto Ciptakan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) Yang Ramah Lingkungan

POSO, DETAiL73.COM-Serka Heryanto, anggota Koramil 1307-01/Poso Kota, berhasil menciptakan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) tanpa bahan bakar yang ramah lingkungan. Meskipun menjalankan tugas sebagai anggota TNI, Heryanto menyempatkan waktunya untuk menghasilkan karya bernilai dengan memanfaatkan barang bekas dan sedikit peralatan.

PLTMH adalah pembangkit listrik skala kecil yang menggunakan tenaga air sebagai penggeraknya, dimana energi potensial air diubah menjadi energi listrik.

Dengan memanfaatkan tinggi terjunan dan jumlah debit air, mikrohidro dapat menghasilkan listrik dengan sederhana dan efisien. Serka Heryanto telah merakit PLTMH dengan modal terbatas, menggunakan barang bekas dan peralatan yang dipesan secara online.

Sejauh ini, sekitar enam orang telah memanfaatkan karyanya, membuktikan keberhasilan konsep energi ramah lingkungan yang diusungnya.

Dalam penjelasannya, Heryanto mengungkapkan bahwa prinsip kerja PLTMH adalah transformasi energi dari energi potensial air menjadi energi mekanik dan listrik.

Keunggulan PLTMH antara lain tidak menimbulkan kerusakan lingkungan dan dapat digunakan bersamaan dengan program lain seperti irigasi dan perikanan.

Tidak hanya sampai disitu, selain menciptakan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro, Serka Heryanto juga berhasil menciptakan Pembangkit Listrik Tenaga Angin dan sudah digunakan oleh beberapa nelayan di Poso untuk keperluan penerangan di Rompong atau bagang.

Meskipun pernah ditawari untuk membuat pembangkit listrik berkapasitas besar oleh salah satu perusahaan Kelapa Sawit, Heryanto menolak karena keterbatasan modal.

Dia berharap karyanya dapat memberikan manfaat khususnya untuk masyarakat di wilayah terpencil yang belum teraliri listrik.

Dandim 1307/Poso, Letkol Inf Hasroel Tamin, S.H.,M.Hub.Int. melalui Danramil 1307-01/Poso Kota, Kapten Inf Sukamto, memberikan apresiasi atas karya Serka Heryanto yang ramah lingkungan.

Dandim 1307/Poso mendorong seluruh anggota Kodim 1307/Poso untuk terus berinovasi dan berkreasi dalam mengelola kekayaan alam demi kesejahteraan masyarakat.

Inovasi PLTMH Serka Heryanto diharapkan dapat menjadi contoh positif dalam mengurangi emisi karbon dan mengubah paradigma penggunaan bahan bakar pembangkit listrik di Indonesia. ***

Editor :David Mogadi
Sumber : Pendim-1307/Pso

Selengkapnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

You cannot copy content of this page