Musrenbang Tingkat Kecamatan, Bupati Morut Minta Usulan Tiap Desa Disusun Berdasarkan Skala Prioritas 

MORUT-  Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tingkat Kecamatan di Kabupaten Morowali Utara Tahun 2024 telah dimulai. Agenda rutin tahunan Pemda Morut pada tahun 2024 ini digelar di 10 Kecamatan mulai tanggal 19-22 Februari 2024.

Pada Musrenbang yang di gelar di Kecamatan Lembo, Bupati Delis melalui sambutan tertulis yang dibacakan oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Morut Syarifudin ST, MT mengatakan bahwa setiap proses penyusunan Rencana Pembangunan Daerah memerlukan koordinasi antar Instansi Pemerintah serta mengikutsertakan partisipasi seluruh masyarakat sebagai objek dan subjek pembangunan.

Oleh karena itu setiap usulan Desa harus berdasarkan skala prioritas kebutuhan Desa dan dapat menyentuh seluruh masyarakat untuk selanjutnya diteruskan kepada Perangkat Daerah sesuai kewenangannya untuk lebih mendalam dan menjadi masukan dalam penyusunan Rencana Kerja (Renja) Perangkat Daerah.

“Usulan setiap Desa harus berdasarkan skala prioritas kebutuhan. Bukan berdasarkan keinginan. Usulan yang ada harus dapat menyentuh seluruh masyarakat Desa”, jelasnya.

Sementara itu, ditempat yang sama, Camat Lembo mengatakan bahwa pembangunan merupakan suatu proses transformasi perubahan yang dilakukan untuk mencapai suatu keadaan yang lebih baik dari sebelumnya.

Oleh karena itu, keberhasilan suatu Program Pembangunan haruslah diawali dengan Perencanaan yang terarah. Sehingga pelaksanaan Musrenbang pada hari ini merupakan kelanjutan proses Nusrembang di masing-masing Desa yang telah dilaksanakan pada tahun 2003 lalu.

“Partisipasi semua pihak sangat mempengaruhi keberhasilan pencapaian indikator melalui forum Musrenbang. Melalui forum ini, kita akan bersama-sama mencapai solusi terhadap permasalahan yang terjadi di Daerah kita masing-masing”, ujarnya.

Kegiatan Musrenbang dipimpin oleh Delnan Lauende M.Kes selaku Staf Ahli Bupati untuk berdiskusi serta mendengarkan seluruh usulan dari para Kades yang ada pada Kecamatan Lembo Raya.

Nampak hadir dalam kegiatan ini Staf Ahli Bupati Delnan Lauende, M. Kes, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Morut Syarifudin ST, MT, Kapolsek Lembo IPTU Christoforus De Leonardo, Danramil 1311-04 Lembo yang diwakili oleh Serka Aldesman Tagoe, SH, Camat Benjamin PB. Hambuako S.Sos, dan dihadiri oleh sejumlah Pejabat Eselon II dan III lingkup Pemda Morut, seluruh Kades/Perangkat Desa serta Ketua BPD yang ada pada Kecamatan Lembo.

Media Kominfo Morut

Selengkapnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

You cannot copy content of this page