Toraja Utara Akan Jalin Kerjasama Majukan Insdustri Pertambangan di Morowali Utara

MORUT- Wakil Bupati Morowali Utara H. Djira menerima kunjungan Wakil Bupati Toraja Utara, Sulawesi Selatan Frederik Victor Palimbong di ruang kerja Bupati Morowali Utara di Kolonodale, Selasa.

Kepada wartawan, kedua pejabat menyampaikan pembicaraan mereka yang terfokus pada kerja sama memajukan industri pertambangan dan pengolahan hasil tambang yang sedang berkembang di Morowali Utara. (14/5).

“Kami punya pengalaman karena sudah memiliki pertambangan dan industri pengolahan skala besar serta punya tenaga trampil. Dengan pengalaman ini, kami akan bekerja sama dengan Morut untuk memajukan industri di sini untuk kesejahteraan masyarakat,” ujar Victor yang didampingi Ketua Komisi I DPRD Toraja Utara Herman Pabesak, ST dan beberapa pejabat birokrasi.

Saat ini, kata Victor, sudah banyak warga Toraja Utara yang bekerja dan berusaha di Morowali Utara dan juga Morowali, namun belum bisa menyebutkan jumlah pastinya.

Sedangkan Wabup Morut H. Djira mengakui bahwa sudah banyak sekali warga Toraja Utara yang bekerja di Morut, ada yang sudah mutasi kependudukan menjadi warga Morut dan ada pula yang belum.

Warga Toraja Utara yang tinggal di Morut sangat banyak, bahkan sejak sebelum tambang nikel berkembang di Morut, warga Toraja Utara dan Toraja pada umumnya sudah banyak yang merantau di Morut.

“Selama ini, masyarakat asal Toraja pada umumnya hidup rukun dan damai dengan warga setempat dan warga dari berbagai suku lainnya di Indonesia yang merantau di Morut, Mereka sudah menganggap Morut sebagai ‘rumah kedua’ mereka,” ujarnya.

Wabup yang didampingi Kadis Tenaga Kerja dan Transmigrasi Morut Kartiyanis Lakawa menyampaikan penghargaan yang tinggi kepada Wabup Toraja Utara atas kunjungannya ke Morut. (RoMa/Ryo)

Sumb: MCDD

Selengkapnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

You cannot copy content of this page