Bupati Morut Resmikan Pengoperasian Jaringan Listrik Di 4 Dusun Yang Belum Terjangkau Listrik

MORUT- Bupati Morowali Utara Dr. dr. Delis Julkarson Hehi, MARS resmikan pengoperasian jaringan listrik di 4 Dusun yang sama sekali belum memiliki infrastruktur jaringan listrik.

Ke empat Dusun tersebut yakni Dusun Bungini di Desa Bunta, Dusun Malei Desa Peonea, Dusun Bencue Desa Peleru dan Dusun 4 Desa Tontowea.

Bertempat di Dusun Bungini, Desa Bunta, Kecamatan Petasia Timur pada Rabu, (29/05/2024), Bupati Delis yang didampingi oleh Desnart Sabudu dari PLN UP2K Sulawesi Tengah dan Moh. Sofyan dari PLN ULP Kolonodale meresmikan pengoperasian jaringan listrik di 4 Dusun tersebut.

Dalam sambutannya, Bupati Delis memberikan apresiasi sekaligus mengucapkan terima kasih kepada pihak PLN UP2K Sulawesi Tengah dan PLN ULP Kolonodale yang selama ini telah bekerja keras dalam memenuhi kebutuhan listrik masyarakat yang ada di Kabupaten Morowali Utara.

Beliau juga mengatakan bahwa kehadiran jaringan listrik di keempat Dusun tersebut pastinya menjadi angin segar serta memenuhi kerinduan masyarakat yang selama ini sama sekali belum menikmati hadirnya fasilitas listrik yang ada.

“Kecepatan dari PT. PLN dalam meningkatkan elektrisitas untuk menjangkau seluruh wilayah di Kabupaten Morowali Utara patut kita apresiasi”, ucap Bupati.

Lebih lanjut, Bupati Delis mengatakan bahwa penyebab utama masih kurang stabilnya listrik di Kabupaten Morowali Utara saat ini bersumber dari infrastruktur jaringan listrik yang sudah sangat tua.

Oleh karena itu, pihak PLN saat ini tengah berusaha memberkan solusi atas permasalahan tersebut yakni dengan membangun infrastruktur Sistem Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) dengan perkiraan akan selesai pada November tahun ini.

“Mari kita doakan semoga permasalahan listrik yang ada cepat selesai”, ujar Bupati.

Diakhir sambutan, Bupati Delis menghimbau kepada masyarakat yang memiliki lahan maupun pohon yang nantinya akan dilalui oleh jaringan listrik, agar dapat mengihlaskan lahan maupun pohonnya untuk ditebang. Sehingga pembangunan jaringan listrik dapat berjakan dengan lancar.

“Pemerintah Daerah sampai dengan Pemerintah Desa akan membantu pihak PLN jika nantinya terdapat persoalan yang dihadapi di lapangan”, pungkas Bupati.

Sementara itu, ditempat yang sama, Desnart Sabudu dari PLN UP2K Sulawesi Tengah mengatakan bahwa kendala yang dihadapi pihak PLN dalam membangun jaringan listrik dilapangan yakni masih kurangnya lancarnya pendistribusian material akibat akses jalan yang kurang memadai.

Selain itu, masih banyaknya pohon yang berada pada jalur pembangunan jaringan listrik juga menjadi kendala. Sehingga keikhlasan masyarakat dalam merelakan pohon tersebut untuk ditebang menjadi faktor penting lancarnya pembangunan jaringan listrik yang ada.

Peresmian ditandai dengan dinaikkannya “Saklar Meteran Listrik” oleh Bupati Delis di salah satu rumah Warga Desa Bungini.

Nampak hadir bersama Bupati Delis yakni Asisten I Setdakab Morut Krispen H. Masu S.STP, M.Si, Sekcam Petasia Timur Desran Waka, Kades Bunta Christol Lolo beserta Kades Peonea, Peleru dan Tontowea.

Media Kominfo Morut

Selengkapnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

You cannot copy content of this page