Pemkab Morut dan ITS Teken MoU Bangun Sinkronisasi Rencana Induk SPBE

MORUT- Pemerintah Kabupaten Morowali Utara (pl dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya menjalin kerja sama di sektor Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian Kepada Masyarakat.

Kerja sama ini diperkuat dalam bentuk penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara Bupati dan Rektor ITS pada Kamis (6/6/2024) bertempat di Gedung Rektorat Lantai 2 Ruang Rapim ITS Surabaya.

Bupati Morowali Utara diwakili oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Morowali Utara Ir Musda Guntur MM, didampingi oleh Kadis Kominfo Gatot Susilo Eko Budiyanto SKom, Kabid Aptika Kominfo Rahmawati Donda SE MM, dan staf Aptika Kominfo Kabupaten Morowali Utara.

Sementara Rektor ITS diwakili oleh Wakil Rektor IV Bidang Riset, Inovasi, Kerja Sama, dan Kealumnian ITS Agus Muhammad Hatta ST MSi PhD didampingi oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof DR Ir Adi Soeprijanto MT, Wakil Rektor II Bidang Perencanaan Keuangan dan Sarpras Ir Mas Agus Mardianto ME PhD, Wakil Rektor III Bidang SDM Organisasi dan TSI, Prof DR Eng Ir Ahmad Rusdiansyah MEng.

Hadir pula Direktur Kerja Sama dan Pengelolaan Usaha (DKPU) ITS Tri Joko Wahyu Adi ST MT PhD, Manager Senior Pengelolaan Kerjasama DR Farida Rachmawati ST MT dan beberapa jajaran pimpinan ITS lainnya.

Tindak lanjut dari MoU ini adalah penyusunan rencana induk Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) serta strategi pengembangan SPBE dan arsitektur SPBE yang meliputi arsitektur proses bisnis, arsitektur data dan informasi, arsitektur aplikasi, arsitektur infrastruktur, arsitektur keamanan, dan arsitektur layanan.

Sebelum dilakukannya penandatangan Nota Kesepahaman, Tony Dwi Susanto ST MT PhD selaku dosen Departemen Teknologi Informasi ITS sekaligus Asesor Eksternal SPBE dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) RI untuk Kabupaten Morowali Utara memaparkan Hasil Evaluasi SPBE 2023 dan Persiapan Evaluasi Mandiri SPBE 2024 Pemkab Morowali Utara.

Pemaparan itu menyebutkan bahwa salah satu aspek yang kurang dari hasil evaluasi SPBE 2023 adalah terkait arsitektur SPBE.

Berdasar alasan tersebut, Pemkab Morowali Utara menggandeng ITS yang juga ditunjuk oleh Kemenpan RB menjadi tim evaluator eksternal SPBE untuk menjalin kerja sama dalam pemanfaatan Teknologi dan Informasi guna menyusun arsitektur SPBE Kabupaten Morowali Utara.

Jalinan kerja sama tersebut akan melibatkan berbagai pihak internal ITS. Dalam hal ini, ITS akan berkontribusi pada aspek penyusunan draft peraturan, pembuatan dokumen tata kelola dan manajemen SPBE serta pengembangan aplikasi untuk mendukung layanan SPBE.

Bupati Morowali Utara dalam sambutannya yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Ir Musda Guntur MM menyatakan apresiasinya dapat bekerja sama dengan ITS dalam meningkatkan pelayanan pemerintah Kabupaten Morowali Utara “Kami berharap kerja sama ini segera ditindaklanjuti, yaitu penyusunan rencana induk SPBE di Morowali Utara yang meliputi Strategi Pengembangan SPBE dan Arsitektur SPBE,” ujarnya.

Dalam sambutannya, Rektor ITS yang diwakili oleh Warek IV menyambut dengan antusias atas kesempatan yang diberikan Pemkab Morowali Utara kepada ITS untuk membantu peningkatan SPBE di Kabupaten Morowali Utara, “Sebagai salah satu perguruan tinggi yang unggul dalam bidang teknologi, ITS sudah berpengalaman dalam membantu pemerintah dalam membangun smart city dan SPBE di Surabaya dan kota-kota lainnya,” Ucapnya.

Di penghujung acara ada pertukaran cendramata, Pemkab Morowali Utara memberikan cendramata berupa Plakat Lambang Daerah Kabupaten Morowali Utara dan cemilan khas Morowali Utara yang di produksi oleh UMKM binaan Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Morowali Utara.

Dilanjutkan dengan kunjungan ke Galeri Riset dan Inovasi Teknologi (GRIT) ITS Surabaya.

Media Kominfo Morut

Selengkapnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

You cannot copy content of this page