Pimpin Raker Bupati Poso Tahun 2023, Verna : Tingkatkan Pelayanan Publik dan Sinergitas ASN

POSO, DETAIL73.COM – Bupati Poso,
dr. Verna G.M Inkiriwang, memimpin Rapat Kerja Bupati Poso Tahun 2023 yang dihadiri oleh lebih dari 450 peserta dari seluruh kecamatan di Kabupaten Poso.

Dalam rapat yang digelar di Gedung Torulemba, Rujab Bupati Poso, Pada Kamis, 19 Oktober 2023. Bupati membuka Raker dengan tema “TRANSFORMASI ASN BERAKHLAK UNTUK POSO MAJU, TANGGUH DAN TERDEPAN”.

Dalam sambutannya, Bupati Poso menggarisbawahi urgensi tema tersebut sebagai landasan bagi para ASN untuk tetap fokus pada agenda-agenda kerja dan kegiatan pemerintah daerah ke depan. Bupati menyatakan,

“Tema tersebut menjadi acuan bersama untuk kita tetap fokus dan konsentrasi pada agenda kerja dan kegiatan pemerintah daerah kedepan di akhir tahun 2023, terutama dengan mengoptimalkan kinerja aparatur sipil negara serta perangkat desa sebagai bagian penting dari pelaksanaan tugas-tugas dalam birokrasi pemerintah daerah untuk mengejar target program kegiatan organisasi perangkat daerah yang bersentuhan langsung terhadap peningkatan kesejahteraan dan kehidupan masyarakat kabupaten Poso.” terangnya.

Bupati Poso menyoroti pentingnya menjadikan jiwa melayani sebagai inti dari tugas ASN. Dia mengingatkan peserta bahwa ASN bukanlah pejabat yang meminta dilayani, melainkan harus memiliki jiwa melayani untuk membantu masyarakat.

Dalam arahannya, Bupati juga menegaskan pentingnya mematuhi nilai-nilai berakhlak, yang mencakup orientasi pelayanan, akuntabilitas, kompetensi, harmoni, loyalitas, adaptabilitas, dan kolaborasi.

Bupati memberikan instruksi kepada para ASN untuk menjadi motor penggerak dalam pelaksanaan kebijakan publik yang diambil oleh pemerintah.

Mereka diharapkan mampu mensosialisasikan kebijakan pemerintah daerah dan menjadi contoh dalam pelaksanaannya. Selain itu, sebagai pelayan publik.

ASN juga diminta untuk meningkatkan etos kerja, kerja keras, kerja tuntas, serta loyalitas yang tinggi. Mereka juga diharapkan bisa bekerja dengan kreatif dan inovatif dalam menyikapi tuntutan pelayanan publik, termasuk dalam merumuskan kebijakan pelayanan dan menyikapi kritikan masyarakat melalui pengelolaan pengaduan.

Bupati juga menekankan pentingnya saling menghormati dan menghargai satu sama lain dalam lingkungan kerja maupun dalam kehidupan bermasyarakat. Dia mengingatkan bahwa ASN harus meningkatkan nilai-nilai toleransi antar pemeluk agama dan suku yang berbeda.

Dalam sesi penutupnya, Bupati mengingatkan peserta rapat mengenai beberapa permasalahan pokok pembangunan daerah seperti rendahnya realisasi target pendapatan daerah, keterlambatan pelaksanaan program kegiatan OPD, persiapan pemilu serentak, serta ancaman cuaca ekstrim akibat fenomena El Nino.

Bupati meminta kerjasama dan koordinasi antar OPD, kecamatan, dan pemerintah desa/kelurahan dalam menanggulangi permasalahan-permasalahan tersebut.

Rapat kerja ini diharapkan menjadi tonggak baru dalam meningkatkan pelayanan publik dan sinergitas ASN di Kabupaten Poso. Semua peserta diminta untuk bersama-sama menghadapi tantangan dan membangun daerah ini menuju kemajuan dan kesejahteraan yang berkelanjutan.

Turut hadir dalam acara ini Forkompinda Poso, Anggota DPRD Kabupaten Poso, Perwakilan Kepala BPKP sebagai narasumber, Asisten dan Staf Ahli Bupati Poso, para Kepala OPD, para Kepala Bagian SetdaKab Poso, Danramil, Kapolsek, para Camat, Kepala Desa, Ketua BPD, dan para Ketua LPM se-Kabupaten Poso. **

Editor : David Mogadi
Sumber : Prokopim Kab Poso

Selengkapnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

You cannot copy content of this page