Pemda Poso Gelar Bimtek Penatausahaan Barang Milik Daerah, Hadirkan Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Tengah, Guna Tingkatkan Tata Kelola Aset Daerah

POSO, DETAIL73.COM – Bupati Poso yang diwakili oleh Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kab Poso, Markus Wutabisu, SH, MM, menghadiri dan membuka acara Bimbingan Teknis Penatausahaan Barang Milik Daerah. Acara ini berlangsung di aula kantor Bapelithbanda pada Senin, 30 Oktober 2023.

Acara tersebut dihadiri oleh perwakilan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Tengah, para Kepala OPD lingkup Pemda Poso, para peserta bimbingan teknis yang terdiri dari Kasubag, pengurus barang, pembantu pengurus barang, dan bendahara pengeluaran ASN Pemda Poso.

Dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Asisten Satu Markus Wutabisu, SH, MM, Bupati Poso menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari rekomendasi BPK RI Perwakilan Sulawesi Tengah atas Laporan Keuangan Pemerintah Kabupaten Poso tahun 2022. Selain itu, kegiatan ini juga merupakan wujud komitmen bersama untuk meningkatkan tata kelola dan pengelolaan barang milik daerah dengan lebih efisien, transparan, dan akuntabel.

Penatausahaan barang milik daerah merupakan bagian integral dalam manajemen keuangan daerah. Dalam upaya menciptakan pemerintahan yang baik, transparan, dan akuntabel, penatausahaan barang milik daerah menjadi kunci utama. Seiring dengan semangat otonomi daerah, kita dituntut untuk memiliki tata kelola yang baik terhadap aset-aset yang menjadi tanggung jawab kita.

Melalui bimbingan teknis ini, diharapkan semua peserta dapat memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang praktik terbaik dalam penatausahaan barang milik daerah. Dalam era perubahan yang dinamis, peningkatan kualitas tata kelola aset daerah sangat penting. Kita perlu memperbaiki dan meningkatkan sistem, proses, dan pengetahuan yang dimiliki demi efektivitas pengelolaan aset daerah.

Pemerintah Kabupaten Poso berkomitmen untuk menciptakan tata kelola pemerintahan yang baik demi mewujudkan masyarakat dan daerah Kabupaten Poso yang maju, sejahtera, tangguh, dan terdepan di Sulawesi Tengah. Oleh karena itu, kegiatan bimbingan teknis ini menjadi langkah strategis dalam meningkatkan sumber daya manusia sebagai mesin birokrasi Kabupaten Poso yang mendukung program unggulan dengan tujuh pilar, seperti Desa Maju, Poso Sehat, Poso Pintar, Poso Sejahtera, Poso Pakaroso, Poso Harmoni dan Tangguh, serta Poso Bersinar dan Terdepan.

Peserta diminta untuk mengikuti materi dari para narasumber dengan serius dan berinteraksi aktif. Hasil dari kegiatan ini diharapkan dapat diimplementasikan dengan baik di setiap OPD. Semua peserta diharapkan bersama-sama memastikan bahwa pengetahuan yang diperoleh tidak hanya berhenti pada tahap pelatihan, tetapi diaplikasikan dalam tindakan nyata untuk mewujudkan pelayanan publik yang lebih baik. ***

Editor : David Mogadi
Sumber : Prokopim Kab Poso

Selengkapnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

You cannot copy content of this page