Evaluasi Program Kabupaten/Kota Sehat Tahun 2023: Kabupaten Poso Menuju Kabupaten Sehat Dengan Komitmen dan Sinergi Seluruh OPD Serta Kecamatan

POSO, DETAIL73.COM – Dalam rapat evaluasi penyelenggaraan Kabupaten/Kota Sehat tahun 2023 yang diadakan di aula Bapelitbangda pada Kamis, 2 November 2023, Bupati Poso yang diwakili oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setdakab Poso, Ir. Abdul Kahar Latjare ST., M.Si, hadir untuk membahas progres Kabupaten Poso menuju Kabupaten Sehat, yang dihadiri oleh para kepala OPD, para camat, dan Ketua TP-PKK Kabupaten Poso.

Program KKS adalah program multidimensional sektoral yang bertujuan untuk mempromosikan kehidupan sehat dan lingkungan yang bersih di berbagai kabupaten dan kota di Indonesia.

Dalam sambutannya, Bupati Poso menyampaikan rasa syukur karena Kabupaten Poso termasuk salah satu dari dua kabupaten/kota di Sulawesi Tengah yang sudah mencapai Open Defecation Free (ODF) di atas 80%.

Namun, ia menekankan perlunya tetap memperhatikan daerah-daerah di Kabupaten Poso yang belum mencapai ODF 100%. Kabupaten/Kota Sehat bukan hanya tanggung jawab sektor kesehatan, melainkan juga sektor-sektor lain sesuai dengan regulasi yang berlaku.

Berdasarkan hasil kajian pelaksanaan KKS di Provinsi Sulawesi Tengah tahun 2023, baru dua kabupaten/kota, yaitu Kota Palu dan Kabupaten Poso, yang melaksanakan program KKS.

Kabupaten Poso telah berhasil lolos verifikasi tingkat provinsi dan mewakili Provinsi Sulawesi Tengah ke tingkat nasional. Meskipun sudah lolos verifikasi, Kabupaten Poso belum mendapatkan penghargaan KKS pada tahun ini karena masih terdapat beberapa kekurangan dalam dokumen penyelenggaraan KKS yang disampaikan.

Rapat evaluasi tersebut bertujuan untuk mengkaji sejauh mana langkah-langkah yang telah dilakukan oleh seluruh OPD dan kecamatan dalam penyelenggaraan KKS tahun 2023, serta mempersiapkan kegiatan untuk tahun 2024.

Penyelenggaraan KKS membutuhkan komitmen dari seluruh perangkat daerah, camat, hingga desa dan kelurahan untuk menyelesaikan masalah buang air besar sembarangan (BABS), kelembagaan, dan tatanan yang sesuai dengan upaya menuju Kabupaten/Kota Sehat. Semua kegiatan yang dilakukan harus dilaporkan kepada tim pembina dengan data dukung untuk tahun 2023. ***

Editor : David Mogadi
Sumber : Prokopim Kab Poso

Selengkapnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

You cannot copy content of this page