Mulai Digelar MTQ ke V dan Festival Qasidah I Tingkat Kabupaten Morowali Utara

MORUT – Wakil Bupati Morowali Utara H. Djira K, S.Pd, M.Pd membuka secara resmi pelaksanaan Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) V dan Festival Qasidah I Tingkat Kabupaten Morowali Utara tahun 2023.

Upacara pembukaan kegiatan yang diikuti kafilah sepuluh kecamatan se Morut, berlangsung di pelataran Kantor Bupati Morut di Kolonodale, Selasa (14/11/2023) malam.

Pada sore hari sebelumnya, di tempat yang sama Sekda Morut Ir. Musda Guntur, MM melepas pawai ta’aruf yang diikuti semua kafilah yang mengikuti MTQ ke-V ini.

Dalam sambutannya, Wabup Morut menegaskan bahwa pemerintah daerah memberi perhatian besar terhadap pembinaan keagamaan, bukan hanya secara fisik tapi juga spiritual.

Ditegaskan, pembinaan keagamaan sesuai pula dengan visi besar Pemda Morut yakni mewujudkan masyarakat yang Sehat, Cerdas, dan Sejahtera (SCS).

“Kalau masyarakat sudah sehat jasmani dan rohani, cerdas intelektual dan spiritual, maka kesejahteraan yang dicita-citakan itu akan mudah diraih,” jelasnya.

Selanjutnya, Wabup juga mengemukakan Morut memiliki berbagai keunggulan dan kekayaan alam dibandingkan daerah lain. Hal ini merupakan anugerah yang luar biasa bagi daerah ini.

Kekayaan berikutnya Morut dihuni masyarakat dari berbagai latar belakang baik suku, agama, asal-usul, status sosial dan perbedaan lainnya. Perbedaan ini justru menjadi motivasi dan perekat dalam kehidupan bermasyarakat.

“Warga Morut sudah terbiasa dengan perbedaan. Semuanya hidup berdampingan dengan nyaman,” ujarnya.

Secara khusus Wabup H. Djira memberi apresiasi kepada TNI-Polri, DPRD, serta komponen masyarakat lainnya yang terus menjaga kenyamanan dan keamanan di daerah ini.

Sebelumnya, Kabag Kesra Pemda Morut, Bahardin Sakaria, selaku Sekretaris Panitia MTQ ke-V Kabupaten Morowali Utara, melaporkan kegiatan MTQ ini diikuti sepuluh atau semua kecamatan di Morut.

Bersamaan dengan itu juga digelar festival qasidah yang merupakan pertama kalinya digelar di Morut.

Beberapa cabang dan kategori yang diperlombakan dalam MTQ ini di antaranya Fahmil Qur’an, Khattil Qur’an, Tahfizh Qur’an, Syarhil Qur’an, Tafsir Qur’an bahasa Indonesia, TQ tingkat dewasa, remaja dan anak-anak serta beberapa jenis lomba lainnya.

Pada acara pembukaan itu diserahkan pula piala bergilir MTQ dari juara umum MTQ ke-IV kepada Wabup Morut untuk selanjutnya diperebutkan pada MTQ ke-V ini.

MTQ ke-IV yang berlangsung di Baturube bulan Desember 2021, kafilah Kecamatan Bungku Utara keluar sebagai juara umum.

Acara pembukaan MTQ ke-V dan Festival Qasidah di pelataran Kantor Bupati Morut turut dihadiri Sekda Morut Musda Guntur, Dandim 1311/Morowali Letkol Inf Alzaki, Kepala Kantor Kementerian Agama Morut H. Abd. Mun’im, MHI, Ketua dan sejumlah anggota DPRD Morut, ketua LPTQ tingkat kabupaten dan undangan lainnya. MCDD

Selengkapnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

You cannot copy content of this page